Wednesday, August 29, 2007

Barcelona - Barcelona memberikan penghargaan besar terhadap mendiang Antonio Puerta. Laga melawan Inter Milan diwarnai hening cipta, kostum dan spanduk untuk Puerta serta lima gol.

Joan Gamper Tropi di Nou Camp, Kamis (
30/8/2007) awalnya merupakan turnamen persahabatan yang digelar untuk mengenang mendiang mantan wakil presiden Barca Nicolau Casaus. Namun suasana duka cita sekaligus tribut untuk Puerta justru menjadi lebih kental.

Para pemain Barca lebih menggunakan kostum Sevilla saat hening cipta digelar sebelum pertandingan. Di belakang kaos tertera nama Puerta dengan nomor punggung 16. Spanduk dengan tulisan "We are playing for you" pun terbentang di tengah lapangan.

Suasana hening cipta yang penuh haru dan derai air mata, kemudian berubah menjadi motivasi yang sangat besar bagi para pemain Barca di lapangan.

Hanya setelah enam menit, Giovani Dos Santos membuat Cristian Chivu terpaksa menekelnya di wilayah kiper. Wasit pun memberi hadiah tendangan penalti yang sukses dieksekusi Ronaldinho.

Tidak ada perayaan dari Ronaldinho, selain mengacungkan tangannya dengan telunjuk mengarah ke langit.

Selang 12 mmenit Dos Santos menunjukkan aksi brilian. Ia berhasi merebut bola dari Chivu dan kemudian melesakkannya ke dalam gawang.

Kiper Inter Francesco Toldo sangat sibuk sepanjang pertandingan meredam serangan Barca. Penyelamatan terbaik dilakukannya untuk menepis sundulan Yaya Toure pada posisi sangat sulit di menit ke-17.

Meski demikian usaha Toldo tak sanggup menggentikan Barca. Toure kemudian benar-benar mencetak gol di menit ke-36, lewat tendangan keras dari jarak sekitar 20 meter.

Dominasi Barca sangat terlihat. Setidaknya ada 10 kali tendangan yang tepat ke arah gawang dilakukan tim asuhan Frank Rijkaard, sementara Inter hanya sekali.

Di babak kedua, wajah pelatih Frank Rijkaard terlihat cemas. Bukan karena hasil pertandingan, tetapi strikernya, Samuel Eto'o, hanya bertahan empat menit di lapangan. Striker Kamerun itu mengalami cedera sesaat setelah melakukan tendangan.

Gol keempat Barca lahir di menit ke-56 lewat Andres Iniesta yang menerima umpan dari Leonel Messi. Sementara Thiago Motta melengkapi kemenangan 5-0 Barca dengan sundulan di menit ke-79.

Sumber : www.detik.com

No comments: